Labels

Sunday, October 8, 2017

Batik sebagai Kebanggaan Bangsa

     Bagaimana kita tidak mengenal batik? Pasti kita tahu kan, bahkan batik ini sudah dikenal sampai ke mancanegara juga telah tercatat di UNESCO sebagai warisan budaya. Batik adalah kerajinan yang berbentuk kain khas dari Indonesia. Di dalam dunia batik kita juga pasti mengenal istilah membatik, yaitu teknik kesenian yang sudah ada di Nusantara sejak berabad-abad yang lalu. Perjalanan dan perkembangan batik tentu saja tidak terlepas dari sejarah Indonesia.

     Saat ini para desainer Indonesia juga tak mau kalah dalam merancang busana yang dipadukan dengan kain batik. Dan tidak bisa kita pungkiri bahwa kita juga ingin mengikuti trend batik yang sedang berkembang. Namun perlu kita ketahui juga ternyata dibalik motif-motif kain batik itu terdapat makna atau simbol-simbol yang menggambarkan motif batik itu sendiri. Berikut beberapa contoh motif kain batik yang masih eksis hingga saat ini :

1.      Motif Batik Parang Rusak

 

     Motif ini terinspirasi dari keadaan alam pantai yaitu ombak yang tak pernah lelah menghantam karang pantai. Filosofi makna dibalik batik ini yaitu menjadi simbol agar anak melanjutkan perjuangan yang telah dirintis orang leluhurnya.

2.      Motif Sekar Jagad




     Motif ini biasa digunakan orang tua mempelai pada upacara pernikahan. Makna filosofi dalam batik ini yaitu agar hati orangtua mempelai gembira dan senang karena upacara pernikahan adalah upacara yang sakral.

3.      Motif Kawung Picis



     Motif ini melambangkan harapan agar manusia selalu ingat akan asal-usulnya. Motif Kawung Picis juga melambangkan empat penjuru (pemimpin harus dapat berperan sebagai pengendali perbuatan baik). Juga melambangkan bahwa hati nurani sebagai pusat pengendali nafsu yang terdapat pada diri manusia, sehingga ada keseimbangan pada diri manusia.

4.      Motif Sido Mukti Luhur




     Biasanya motif ini digunakan untuk upacara tujuh bulanan atau sebagai alat untuk menggendong bayi. Makna filosofi yang terkandung dalam batik ini yaitu “Sido Mukti” yang berarti gembira dan kebahagiaan. Sehingga bayi yang digendong merasa tenang dan mendapat kebahagiaan.


     Sebagai bangsa Indonesia kita patut untuk berbangga dengan kesenian tradisional batik yang memiliki banyak jenis motif dan memiliki nilai sangat tinggi di mata dunia, harus kita perhatikan dan lestarikan.

     Batik ini juga merupakan apresiasi yang sangat luar biasa bagi dunia fashion tanah air dan semakin memotivasi para desainer muda Indoneia untuk berkarya lebih baik lagi dan menciptakan karya desain busana yang bisa berpengaruh terhadap perkembangan fashion di tanah air.


No comments:

Post a Comment